Dewan Kehormatan Advokat Indonesia Dilantik

Written By Ambononline.com on Jumat, 30 September 2011 | 09.54

AKARTA — Ketua Dewan Kehormatan Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Leonard P Simorangkir, Kamis (29/9/2011) malam, melantik 25 anggota Dewan Kehormatan Pengurus Daerah Peradi DKI Jakarta, yang dipimpin advokat Jack Sidabutar. Dewan Kehormatan Peradi DKI Jakarta itu juga beranggotakan unsur masyarakat yang berasal dari kalangan akademisi. Pelantikan dilakukan bersamaan dengan acara halalbihalal advokat yang tergabung dalam Peradi di Jakarta.     Acara halalbihalal dan pelantikan itu, antara lain, dihadiri oleh Ketua Umum Peradi Otto Hasibuan, Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Abdul Haris Samendawai, Kepala Divisi Hukum Polri Inspektur Jenderal Muji Waluto, dan Wakil Jaksa Agung Darmono.
Pelantikan anggota Dewan Kehormatan Peradi DKI Jakarta diisi dengan pengucapan sumpah dan janji.
Leonard mengingatkan, anggota Dewan Kehormatan Peradi DKI Jakarta harus mampu menjaga integritasnya karena di tangan merekalah kehormatan advokat di mata masyarakat dipertaruhkan.  
Otto Hasibuan menambahkan, siapa pun aparat penegak hukum di negeri ini harus menerima dan menghormati apa pun putusan Dewan Kehormatan Peradi. Jangan sampai advokat yang sudah diberi sanksi oleh Dewan Kehormatan, misalnya terkena skorsing karena diduga melanggar kode etik advokat, tetap diterima untuk beracara di pengadilan.
Selain advokat, aparat penegak hukum lainnya, yakni hakim, jaksa, dan polisi, serta masyarakat memiliki kewajiban untuk menjaga putusan Dewan Kehormatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Lain